Properti di Jakarta Utara Menjanjikan, Hunian Vertikal Bakal Diburu
13 November of 2019

VIVAnews – Kawasan hunian di Jakarta Utara terus berkembang saat ini. Adanya beberapa sentra manufaktur di kawasan tersebut, membuat permintaan akan apartemen maupun hotel tidak pernah turun.

Salah satu proyek properti saat ini dikembangkan di kawasan tersebut adalah Apartemen Norrington Suites. Gedung Apartemen itu nantinya juga akan dilengkapi dengan hotel berbintang  empat.

Pengamat Properti David Cornelis menjelaskan, properti di Jakarta Utara menjadi sangat menarik di tengah banyaknya infrastruktur yang telah dan akan dibangun pemerintah maupun swasta. Pelabuhan, perniagaan, logistik, serta jalur transportasi akan turut memberikan stimulus perkembangan properti kawasan Jakarta Utara. 

Menurutnya, kawasan ini memiliki potensi properti dengan karakteristik yang berbeda. Kemudian juga didukung fasilitas yang terpadu untuk bisnis.

"Kawasan Jakarta utara memiliki peluang yang sangat menarik untuk hunian vertikal, karena harga tanah yang tidak setinggi kawasan Jakarta lainnya, dan ini sangat berpotensi untuk naik," ujar David dikutip dari keterangan resminya, Rabu 13 November 2019. 

Menurutnya, keberadaan sentra industri manufaktur seperti Jakarta International Container Port,  Pelabuhan Peti Kemas, koridor by pass Jakarta Utara seperti jalan Yos Sudarso menjadi menarik dari sisi lokasi. Dengan akses yang dekat ke kawasan pelabuhan Tanjung Priok, serta Bandara Halim Perdana Kusumah, menjadikan kawasan ini ke depan akan terus berkembang.  

"Belum lagi, kawasan ini merupakan akses utama menuju Kelapa Gading dan Sunter, di mana terdapat banyak ekspatriat khususnya warga negara Jepang dan Korea, yang tentu membutuhkan hunian mewah yang tidak jauh dari tempat mereka bekerja," ungkapnya. 

Sementara itu, PT Adhi Persada Gedung, Anak usaha PT Adhi Karya (Persero) Tbk, diketahui digandeng PT Tri Raton Mega,membangun apartemen mewah Norrington Suitest di kawasan itu.

Tri Raton sendiri diketahui merupakan bagian dari pengembang dari Australia Rich Vista yang telah memiliki pengalaman panjang di Australia, dan saat ini mengembangkan sayap bisnis propertinya di Indonesia. 

Direktur Pengembangan Bisnis PT Adhi Persada Gedung Harry Wibowo mengatakan, membangun Apartemen mewah sekelas Norrington Suites, merupakan tantangan besar bagi Adhi Persada Gedung. Namun, dia optimistis proyek ini bisa dikerjakan sesuai target yang ditetapkan dengan kualitas baik.

"Sebagai main kontraktor kami juga melibatkan beberapa partner profesional yang ada di bidangnya,” ungkapnya. 

Selanjutnya, Harry mengatakan, sampai dengan saat ini, pekerjaan konstruksi yang dilakukan sudah menyelesaikan beberapa lantai. Dan ditargetkan topping off hotel akan dilakukan pada bulan Mei 2020. Sedangkan topping off apartemen ditargetkan pada November 2020”.

Proyek dengan investasi sebesar Rp420 miliar ini, saat ini sedang dalam proses pembangunan konstruksi, dan serah terima tahap pertama unit apartemen, direncanakan pada kuartal III 2021.

Untuk harga, unit apartemen ini akan dijual dengan harga perdana mulai Rp800 jutaan untuk tipe Junior Suites. Untuk mendukung kegiatan pemasaran proyek ini, pengembang  menggandeng Lamudi Indonesia.

Managing Director Lamudi Indonesia Mart Polman mengatakan, kawasan Jakarta Utara, terutama koridor by pass jalan Yos Sudarso, ke depan akan mengalami pertumbuhan. Proyek ini pun diyakini akan diserap pasar dengan antusias. 

"Faktor lokasi, spesifikasi serta kualitas bangunan yang dimiliki Norrington Suites akan sangat memberikan pengaruh terhadap pembeli,”ungkapnya. 

Direktur Pemasaran PT Tri Raton Mega,  Iwan Romano menambahkan, Apartemen Norrington Suites, akan dikembangkan di lahan seluas 9.105 meter persegi. Dia pun memastikan pembangunannya seusai dengan aturan yang berlaku. 

"Dengan konsep kawasan yang modern dan mewah, kami optimis properti yang kami kembangkan akan diterima masyarakat. Sejalan dengan regulasi pemerintah yang ada, dasar kami memulai pembangunan adalah diterbitkannya IMB untuk kawasan ini," singkatnya.